Terlalu Sibuk Layani Pelanggan, Blog Terbengkalai


Siapa disini yang punya online shop? Akuh, akuh!

Baru sekarang oh aku rasakan.. Punya online shop rasanya kewalahan..

Kalau ada yang bilang, online shop itu pekerjaan sampingan, saya kurang setuju. Alasannya sih karena semua pelanggan butuh jawaban cepat (fast respon) dan jika kamu seorang karyawan maka kamu tidak bisa membalas pertanyaan calon pembeli pada jam kerja. Kecuali kamu mencuri waktu di sela-sela bekerja, yang membuat kinerja kamu tidak produktif. Kecuali kamu menjual santai barang bekas, yang artinya jualan online bukan prioritas utama kamu.

Memulai online shop dengan memposting produk di blog, membalas pertanyaan calon pembeli di sela-sela blogwalking adalah gambaran kehidupan saya 3 tahun yang lalu. Saya bekerja sendiri di loteng yang dikhususkan oleh orang tua saya agar saya bisa bekerja dengan tenang. Di awal-awal memang yang menghubungi saya sedikit, tapi lama-kelamaan hp semakin ramai bahkan sampai harus membeli hp lagi karena kontak hp yang lama sudah kepenuhan, hari-hari saya pun berubah menjadi pedagang yang sibuk membalas pesan sampai tidak sempat update blog.

Saat itulah saya merasa sudah saatnya membayar jasa orang lain untuk menulis artikel. Sayang kan kalau blog yang sudah pakai domain malah dibiarkan tidak update-update. Saya merasa tertolong karena postingan blog sudah ada yang rutin update, jadi saya bisa melayani pelanggan dengan tenang. Tapi baru-baru ini saya merasa kewalahan lagi membalas pesan. Di rumah ada 3 hp blackberry yang dikhususkan buat jualan, meskipun hp yang ketiga masih sepi karena blognya masih baru, tapi tetap saja kedua hp bb gak berhenti bunyi.. Dalam 1 hp ada sms, bbm, dan whatsapp maka dari itulah saya tidak menerima telepon karena takut calon pembeli kabur kalau pesan telat dibalas.

TANYA: Pernah berpikir untuk membayar jasa orang untuk membalas pesan?

Pernah sih, semua hp diserahkan ke karyawan, tapi dampaknya persediaan barang jadi gak kekontrol.. Kalau saya sendiri yang terima order, otomatis saya bisa langsung mendatangkan barang lagi ketika permintaan sedang meningkat. Ditambah lagi balasan dari pemilik toko terkesan lebih meyakinkan dibanding orang lain yang menjawab.

Saya harap kawan-kawan Blogger yang pernah mampir ke blog ini memaklumi kenapa saya jarang update.. Karena saya terlalu sibuk mengurus orderan. Kalau calon pembeli kabur kasian Hendri, Awan, dan Fendi yang udah cape-cape promosi sana-sini demi secuil bonus :D

27 comments:

  1. resiko admin dong, sebagai marketing tugasnya hanya mendatangkan konsumen aja, selebihnya terima bonus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima bonus kalau mencapai target ya? kalau nggak ya distrap

      Delete
  2. Haha saya sih gak banyak komentar tentang tulisan nya mba karena saya juga menegrti kayaknya mba ini super sibuk :D namun saya ingin berkomentar tentang photo nya mba yaitu Rangga memang jahat ya tuh, transfer hari ini, besok nya udah nanya. pake bilang nipu segala :D kayaknya sih orang awam tuh ya si Rangga yg mba maksud :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wih disebut namanya sm bunda dewi,hehe.
      dpt bonus nih ciyee, enak enak..
      bntr lagi gajian yaa..
      klo adminnya sekece mas hendri dan mas fendi gak akan kabur tuh bun :D

      Delete
    2. Rangga pemeran utama AADC, tapi boleh juga sih dialog itu dipakai buat meme.. tentang pembeli yang tidak sabaran

      Delete
  3. gak bisa saya bayangkan bun, betapa repotnya.
    bnyak pelanggan mkin byk permintaan pastinya..
    sukses bisnis online shop nya bunda.. moga olshopnya bisa terus diutamakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih dijalani sembari menyusui di sela-sela bekerja lho mbak.. wanita memang multitasker sejati :)

      Delete
  4. Justru aku pengen nyoba kayak gini teh ..
    berkutat dengan bisnin online..
    atau mungkin teth punya trik and tips cara jualan online asik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kata bos saya dulu harus konsisten pada satu bidang, karena jika kita menjalani dua pekerjaan, seringkali yang kedua adalah yang paling banyak nyita waktu

      Delete
  5. Ya gitulah orang sukses, sukses super sibuknya. Semangat Kaka hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. amin.. kalau dibilang sukses, saya masih jauh..

      Delete
  6. wah, bisnis ol juga...
    sip sip sippp...

    saya termasuk orang yg tidak setuju dg bisnis sampingan, apalagi OL shop....
    yg namanya bisnis ya bisnis, gak samping kiri maupun samping depan, eh!

    justeru dg OL shop kita dituntut buat segala macem yg berhubungan dg pembeli termasuk memberikan jawaban, respon, maupun hal2 lainnya yg dikeluhkan/ditanyakan oleh pembeli... pokoke sibuukk deh.

    sukses yah neng :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau ditekuni dengan serius, ada banyak hal yang perlu dikerjakan walaupun beroperasi secara online. Gak jauh beda sama pedagang-pedagang pada umumnya :D

      Delete
  7. Berarti harus di tekuni online shopnya jangan buat sampingan ya mba!

    ReplyDelete
  8. Iya mba gakpapa Wajar saja. Saya pun sejak terjun total ke bisnis Milagros air alkali juga menyita sebagian besar waktu ku. Namun demikian Blog adalag kesenangan. Jadi have fun saja dengannny hihiihihiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa kabar pak asep bisnis milagros lancar? wah iya nih kalau lagi mumet sama kerjaan dibawa ngeblog jadi fresh karena yang diposting curhatan! muahaha

      Delete
  9. Pantesan baru keliatan lagi ke muka bumi... :D
    Punya online shop yang sudah maju pastinya akan sangat merepotkan terutama pada saat banyak yang memesan,, mungkin memang semuanya tidak harus dikerjakan sendirian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih kang ahmad, gak kebayang kalau apa-apa masih dikerjakan sendiri dari mulai update blog, balas bbm, sampai packing orderan.. untungnya ada jasa pick up dari JNE memudahkan online shop

      Delete
  10. Sukses nih mba Dewi, keren orderannya laris terus. Itu si Effendi, Awan Fals kan ya, kalo Hendri saya nggak paham... Mereka yang blogger semua toh

    ReplyDelete
  11. Kalau merasa kewalahan, mendingan mulai membayar orang supaya olshopnya lebih besar lagi. Kalau nggak, ntar terbatas dg kapasitasmu yg makin lama makin terpakai juga jk orderan bertambah. Soal kontrol, cari cara supaya bisa dimonitor. Cari buku atau googling ttg cara monitor yg paling sesuai utk bisnismu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Lusi terimakasih untuk masukannya, memang ada niat rekrut admin lagi tapi penyeleksian butuh waktu lama karena pemesanan berkaitan dengan uang, jadi ya sementara ini saya yang tangani dulu.

      Delete
  12. Setuju banget mbaa... Nggak gampang urus olshop apalagi kalo cuma sendirian. Saya faham banget😭😭
    Btw, sayang juga mojang tasik yang suka sama tulisan-tulisan mba di blog... Semoga suatu saat kita bisa meet up di dunia nyata ya mba hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya udah baca tulisanku.. Saya juga senang sama kalo ada orang tasik yang berkunjung, apalagi sama-sama online shop kan seru kalo bisa sharing seputar online marketing

      Delete
    2. Hihi iya nih mba, aku perlu belajar banyak dari mba soal online marketing ini soalnya aku masih baru banget. Boleh minta emailnya mba?

      Delete

Boleh OOT asal jangan ninggalin link hidup ya. Terimakasih kunjungannya :)

Powered by Blogger.