Monday, January 4, 2016

JURAGAN KOSMETIK ONLINE PENIPU

Saya termasuk orang yang suka berbelanja online terutama di marketplace seperti Tokopedia. Selama ini Tokopedia telah banyak membantu saya dalam mendatangkan barang-barang, karena selain memudahkan proses pembelian partai, transaksi juga lebih aman karena dana akan ditahan sebelum barangnya diterima oleh pembeli. Namun sebagai pembeli kita harus lebih berhati-hati, karena biarpun dana sudah diamankan, tetap saja ada penjual nakal yang menipu pembeli dengan menyebutkan barang "asli", "100% original", atau "origin" pada deskripsi produk padahal kenyataannya barang tersebut palsu.



Awalnya saya mencari produk hand body lotion vampire dan masker wajah bello perfetto. Sebenarnya saya sudah berlangganan pada satu toko, tapi karena saya penasaran ingin mendapatkan harga lebih murah, saya malah tertipu oleh toko lain. Sempat merasa ragu kenapa harganya jauh lebih murah dari toko langganan saya. Ternyata, saat datang barang yang saya beli palsu! Terlihat jelas dari kemasan saja kualitas cetak foto lebih buram dibanding barang yang saya miliki.


Untung saja saya masih punya stock, jadi saya bisa langsung tahu mana barang asli dan palsu. 

Sekedar info, berikut ini ciri-ciri masker bello yang saya yakini palsu:
  • Kualitas cetak pada box jelek
  • Berisi 12 sachet masker dengan kemasan plastik transparan, padahal selama ini yang saya beli dari toko langganan selalu 10 sachet isinya dengan plastik aluminium foil

Sedangkan untuk lotion vampire, hanya kualitas cetak label lebih buram saja yang saya ketahui sebagai barang palsu.

Karena tidak puas dengan kualitas barang, saya pun mengajukan komplain di Pusat Resolusi yang telah disediakan Tokopedia. Biasanya untuk kasus yang mirip seperti ini komplain berjalan lancar karena kan kalau memang penjualnya bertanggung jawab pasti juga memperhatikan kepuasan pembeli.


Saya sampaikan pada penjual bahwa saya tidak puas dengan kondisi barang, jadi saya mengajukan solusi pengembalian dana dan retur. Saya sudah bicara baik-baik agar penjual tidak tersinggung, tapi apa coba jawaban dari penjual?

aneh ya ? anda beli apa nyoba2 ? anda beli secara sadar kan ? apa beli nya ngasal ?

SUNGGUH KATA-KATA YANG SEKSI! Saya tidak habis pikir, kenapa bisa ada orang yang memperlakukan pembeli sekasar itu. Padahal yang namanya jual-beli itu kan harusnya saling menguntungkan, bukannya malah merugikan sepihak.

Memang saya salah karena sudah penasaran order ke toko lain, maklum ya namanya juga manusia selalu aja penasaran cari yang lebih murah tapi toh ujungnya juga kembali lagi ke toko langganan.

Memang tidak semua penjual di Tokopedia penipu, tapi tentu ada saja satu dua orang penjual nakal yang maunya cuma ngambil keuntungan dari hasil berjualan barang KW. Masih mending kalau penjual itu jujur menyebutkan barang yang dijual "versi lain", "semi ori", atau blak-blakan KW, daripada bilang di deskripsi original tapi berbeda dengan kenyataan.

Apalagi saat diajak berdamai, si Juragan Kosmetik tidak memberikan respon yang baik malahan dia cenderung kasar dan arogan. Seperti tidak punya hati nurani.

Saat komplain sudah berjalan lebih dari 10 hari, Tokopedia memberi peringatan untuk segera menyelesaikan masalah. Saya sempat pasrah saja, saya bilang tidak apa-apa uang tak kembali, tapi saya tetap ingin mengembalikan barang karena disimpan juga percuma. Biarlah ongkos kirim pengembalian saya yang tanggung. Tapi penjual menolak retur entah karena alasan apa.

Saya meminta bantuan Tokopedia untuk mencari solusi terbaik. Sebulan pun berlalu. Karena kesal masalah ini tidak kunjung selesai, saya mendesak Admin Tokopedia untuk segera mengambil keputusan. Dana terombang-ambing, udah gitu saya bosan berlama-lama ngurusin penjual ini. Jika saya membatalkan komplain dan merelakan dana diteruskan kepada penjual, bukankah itu sama saja dengan membiarkan masalah ini menggantung tanpa penyelesaian?

Untunglah Tokopedia cukup bijaksana dalam menanggapi. Karena penjual tidak bisa membuktikan barangnya asli, ditambah lagi tidak ada respon dari penjual melebihi batas waktu, dana pun dikembalikan pada pembeli tanpa retur.

Terimakasih Tokopedia telah mengembalikan dana saya.



Korban lain dari Juragan Kosmetik Online.


Pesan saya untuk siapa saja yang suka belanja online di Tokopedia:
Jangan tergiur dengan harga murah. Beda seribu aja bisa jadi itu barang oplosan. Asalkan kita berpegang teguh pada prinsip harga yang masuk akal, memilih penjual dengan reputasi baik (terlihat dari review), kekecewaan dapat dihindari se-minimal mungkin.

Maaf jika tulisan ini terkesan marah-marah dan kepanjangan, ini hanya sekedar curhat saja supaya tidak ada lagi korban yang mengalami hal serupa. Saya bertanggung jawab atas tulisan ini. Sukses selalu untuk Tokopedia yang telah membuka peluang bagi banyak penjual dan menjamin rasa aman pembeli.

33 comments

waduh .___. untungnya selama ini aku beli di tokopedia aman2 aja sih. Untung ya dananya dikembalikan, enaknya belanja di tokopedia kan gitu, dananya dikembalikan kalau emang gak sesuai.

Sabar aja ya, olshop gitu mah banyaaaaaak~ dl aku beli mane n tail juga dapetnya palsu, di protes gak digubris, dah biasa hahaha

hampir tiap hari aku transaksi disana lancar-lancar aja sih baru sekali ini apesnya haha. mungkin karena mereka ngambil untungnya kecil banget asal barang cepet kejual jadi males nanggepin review. :)

ahahaha biasanya mereka yang penting kitanya sudah terjebak XDDD kalau mereka gak nanggepin, berarti mereka emang bener tau kalau barang mereka itu gak asli. Kadang ada lho olshop yang ownernya memang gak tau kalau barang mereka itu KW, baru taunya justru dari pelanggannya hahaha

saya yakin penjual macam ituditoped cukup banyak dan pihak toped kurang baik dalam menyaring penjualnya.sangat disayangkan sekali..

iya bener banget.. yang memalukan tuh kalo penjual ngotot bilang barangnya asli, giliran diminta bukti malah gak nanggepin.. keliatan banget boongnya :D

malahan ada lho satu orang yang punya lebih dari satu akun.. mungkin karena proses registrasi nya gampang biar toped semakin ramai

Wah, Makasih infonya. Harus disebarluaskan, biar nggak ada korban yang lainnya mba...

sepertinya kata "belanja aman" ditoped kurang benar, lihat saja banyak banget penjual abal macam ni orang

kembali lagi ke kita, meskipun tokopedia sudah mem-filter penjual berdasarkan review tapi tetap aja masih ada orang awam yang terjebak karena maunya asal praktis..

Wah pengalaman berharga, padahal infonya 2,5 jt barang sudah terjual ya... ckck

iya mas mudah-mudahan gak bertambah korban

semoga penjual yg kayak gitu segera dibanned ya mbaa.. berarti memang berdasar review pembeli yaaa.. aku juga suka belanja di toped untungnya dapet toko yg bener2

tidak semua penjual di toped penipu kebetulan aja lagi apes hehe

kalo penjualnya gak bener bisa keliatan dari review, tapi ada juga lho mba pembeli yg rewel salah sedikit aja marah2

Semua tergantung manusianya.. :) pembeli kudu pinter dan teliti sebelum membeli apa lagi kita transaksi cuma liat gambar.pembeli juga banyak yang rewel, dah jelas salah masih bawel aja.. :D

Salam kenal ya mbag dewi. Ps: blognya saya follow kalau berkenan follow balik ya.. ^,^ terima kasih

karena "pembeli adalah raja".. tapi tetap saja masih ada raja-raja yang tidak bijak

Sangat bermanfaat ini Mbak.. mudah2an tdk berlanjut pada korban2 lainnya...

Terkadang hati-hati saja tidak cukup, karena kasus seperti ini sudah sering terjadi. Untungnya saya belum pernah menjadi korban...hehe

wahh tetap semangat ya teh hehe jadi pelajaran nih buat kita semua

iya saya juga berharap gak bertambah korban

nah lho.. kalau hati-hati saja tidak cukup, terus gimana mas bisa-bisa jadi korban wkwk

Wah, sya lg ngalamin nih. Saya menjual hp bekas ke buyer, sebelum kirim hp dlm keadaan normal,pic yg sya pasangpun sya ambil sebelum kirim barang.Dr awal sya tawarin Packing kayu buyer menolak.akhirnya barang sampe tp buyer komplen, hp tak sesuai deskripsi.katanya lcd ada bintiknya, casing ada yg patah, tp fungsi hp msh normal. Krna sya tidak mau ribut sya bilang retur aja klo tidak puas, dana buyer pun refund utuh.tiba2 saja tanpa persetujuan sya, buyer ganti Casing dan lcd baru dgn total hampir setengah harga hpnya. Dia komplen dan minta refund dgn harga sparepart yg diganti.Jelas sya keberatan. Spy cpt selesai sya mau refund tp setengahnya ditolak jg. Ck ck ck kyanya buyer akal2an ngerjain sya. Skrang tinggal nunggu aja bantuan solusi dr tokopedia, smoga adil.

Curhat kepanjangan ya mbak... salam kenal yaa mbak dewi.

wah baru tau kasus kayak gini ternyata seller juga bisa dikerjain, semoga mendapat solusi yang adil tidak memberatkan salah satu pihak karena toh semua seller kan intinya gak mau rugi hehe

Trims infonya mba... sampe sekarang saya cukup parno ut beli online :)

lebih aman beli ke toko langsung ya.. tapi bagi sebagian orang, belanja online lebih hemat waktu

Wah hampir sama kejadiannya sm saya, dan belum ada solusi di pusat resolusi. Awalnya krn tergiur hp dgn hrg lbh murah. Skip.skip..liat deskripsi tertulis baru, gress,grnsi 1 thn. Tp stlh di trma,ternyata barang second,ada cacat. Lngsung komplen di pusat resolusi, tp buyer tak kooperatif. Barang sudh di retur dlm kondisi apa adanya,tak di apa2kan. Tp buyer malah komplen,katanya HP basah jadi rusak..wHat...kan aneh.. Dan sudah 1 minggu, masalh tak kunjung selesai di pusat resolusi..

Maaf mba, jd curhat..hehe

alhamdulillah, jual beli online selama ini masih aman untuk saya

Kalau beli hp gress mending dari Lazada aja mas, saya udah 3 kali belanja alhamdulilah memuaskan. Jika kondisi barang tidak sesuai keinginan, dana bisa dikembalikan utuh tanpa repot-repot komplain ini itu ke penjual :)

wah saya juga baru berurusan dgn toko nih biarpun di namanya beda satu kata di kata online di ganti dengan kata jakarta tapi saya pikir ini toko yang sama karena foto profilnya dan walpapernya ama persis!dan seperti yang mba dewi bilang penjualnya sangat arogan! paket yang saya terima ada produk yang kurang 10pcs tapi saat saya menanyakan dia malah balas dgn sangat arogan serta kasar dan tidak berhati nurani balik nuduh saya yang nipu!tentu saja sebagai pihak di tuduh kita akan berusaha menjelaskannya saya bilang sama dia "ya ampun buat apa saya bohong hanya demi 235rb?bla..bla..bla.." dan dia balas " ah terlalu puitis.. ya ampun juga,buat apa sih gw bohong cuma 235rb..omset saya milyaran perbulan juga.hadehhhh" begitu jawabnya loh!saya balas lagi "buat apa sombongin omset kamu klo hanya 235rb aja ga mau bertanggung jawab" dia balas "Ah.pintar juga situ suruh tanggungjawab pdhl situ yang nyuri" benar2 kasar sekali!akhirnya saya tidak berdaya karena penjual memiliki bukti yang valid (kemungkinan brg hilang di bag kurir exp)biarpun penjual sangat yakin tidak bersalah tidak sepantasnya melayani pembeli seperti itu.kita hanya menanyakan kejelasan dengan baik2 dan saya masih sempat menanyakan apakah kemungkinan hilang di exp tidak lsg menuduh sembarangan dia malah balik nuduh saya.ohya selain produk hilang ada juga produk lain yang pecah dan tumpah ke mana2 itu jga tidak di ganti rugi.bertahun2 saya belanja di tokopedia baru kali nih ketemu penjual arogan seperti ini.padahal sudah yg ke 3 x nya belanja disini dan total belasan juta juga.
maaf ya jadi curhat pjg lebar dan terima kasih sama mba dewi saya bisa curhat di sini jadi lega dikit.

wah jangan-jangan pengurusnya orang yang sama. kalo sudah begini kita gak bisa nyalahin tokopedia karena siapa yang punya bukti lebih kuat dia yang dianggap benar. yang sabar mbak, mudah-mudahan Tuhan kasih gantinya.

Saya juga dari kejadian ini ambil hikmahnya paling nggak jadi berhenti jualan produk ecek-ecek.

Boleh OOT asal jangan ninggalin link hidup ya. Terimakasih kunjungannya :)
EmoticonEmoticon