Thursday, January 29, 2015

Reading List


Buku adalah jendela dunia. Kalimat klasik yang mendasari tulisan ini. Orang yang tidak suka membaca buku, menganggap kalau mengoleksi buku merupakan suatu hobi. Tapi bagi pecinta buku, membaca adalah suatu kebutuhan tersendiri. Bahkan saya mendengar bahwa di negara-negara maju penduduk kalangan atas mengoleksi buku sebagai gaya hidup, rentetan buku yang tersusun rapi dalam rak khusus menjadi simbol kemewahan mereka.

Saya punya kebiasaan membaca buku entah sejak usia berapa, yang pasti saya bisa menyelesaikan suatu buku dalam waktu singkat. Tidak peduli apakah saya memahami keseluruhan buku atau tidak, pokoknya setiap buku yang saya pegang, ingin saya selesaikan sesegera mungkin, karena waktu kecil saya biasa mendapatkan buku pinjaman. Prinsip saya dalam membaca buku: tidak perlu mengulang-mengulang suatu paragraf yang sulit dipahami, apa yang sudah dibaca tinggalkan saja.

Kalau sekarang sih lain lagi ceritanya, sudah mampu membeli buku sendiri walaupun masih nyempetin pinjem hehehe.. Habisnya kalau mengkoleksi sendiri, buku-buku yang sudah dibaca selain memakan tempat, juga sayang jika dibiarkan. Saya biasanya menaruh buku-buku di rak terbuka dengan diselipkan pengharum lemari biar gak dimakan serangga. Malah saya berpikir untuk menjual buku-buku bekas yang kondisinya masih bagus, walaupun uangnya tidak seberapa, yang penting buku tersebut berguna bagi yang membutuhkan.

Saat ini saya sedang membaca:
The Host - Sang Pengalana oleh Stephanie Meyer, penulis Twilight Saga yang booming film vampire nya itu lho.. Penasaran sama buku ini karena filmnya seru, eh ternyata novelnya lebih seru. Gak sia-sia beli buku ini walaupun second wkwkwk =))
Four - Buku keempat serial Divergent oleh Veronica Roth. Film Divergent mengisahkan cerita dari sudut pandang tokoh utamanya yaitu Tris, sedangkan di buku ini kisah Divergent diceritakan kembali melalui sudut pandang Four.
Selling Easily and Smartly - Hingdranata Nikolay, kesini-kesini jadi jarang dibaca karena gaya penulisannya kurang greget.. Akan tetapi jika saya punya waktu luang, pasti suatu saat saya melanjutkan buku ini karena butuh ilmu penjualan untuk keberlangsungan bisnis.

Entah sampai kapan saya akan menumpuk buku. Namun, suatu hari nanti buku-buku yang sudah saya baca pasti ada yang terjual, dan koleksi terus diperbarui. Kalau kamu, saat ini lagi baca buku apa? Yuk, sharing!

22 comments

kalau saya buku elektronik mbak hehe. paling banter baca tentang sejarah itupun sesekali soalnya baru belajar untuk membiasakan diri dalam hal baca. ups! semoga nggak ada kata terlambat.

Wah, mantab banget mbak. Buku itu adalah gudang segala ilmu pengetahuan dan membaca adalah kunci pembuka gudang itu...

kalau saya sebenarnya lebih suka membaca buku cerita, kisah kisah perjuangan dan perjalanan islam karena akan menambah pengetahuan dan iman
terkadang juga membaca buku yang isinya cerita lucu yang menghibur

Saya lebih suka membaca dari internet. Ada jutaan ilmu yang bisa saya dapatkan di sana. Pun begitu juga melalui blog-blog yang bertebaran, saya sangat asyik membacanya, karena ada banyak sekali pengetahuan dan pengalaman yang baru. Nice share mbak Dewi...

saya pernah baca yang the four doang haha lamayn bagus

kalo baca buku elektronik berarti minatnya seputar elektronik ya :D
saya juga dulu suka baca sejarah tapi malah susah move on wkwkwk

iya mas begitulah buku, bisa memberikan kita pengetahuan kalau ada kemauan membaca..

kalau sewaktu saya kecil sering nemu buku-buku cerita biasanya tipis, seiring bertambah usia, minat saya pada buku semakin tebal, soalnya yang tipis-tipis terlalu cepat habisnya :)

kalau sudah suka membaca, mau darimana pun sumbernya pasti dibaca.. hanya saja membaca di depan layar dengan membaca buku yang kita pegang memberikan kesan berbeda. coba aja mas hendra :)

iya mas soalnya seri divergent emang seru-seru apalagi filmnya :)

nice share...
salam kenal dulu ya mbak sekalian izin follow blognya :)

kenapa baca sejarah justru susah move on? menurut saya justru sebaliknya, itu sih yang saya rasakan dan alami. soalnya sejarah itu bukan sekedar cerita tapi banyak pelajaran dan motivasi disana... hehe

karena buku telah melahirkan jutaan orang jenius yang mebacanya, nsaya juga hobi beli dan baca buku, klo ada duit lebih di hari libur saya lebih memilih ke gramedia, saya sendiri sukanya buku2 desain grafis :D

wh gi baca the host ya.. saya nyari ebooknya cuman nemu yang bahasa inggris. huasem tenan.. btw kok blog olsundaynya kok di tinggal ya?

saya juga suka bac abuku tapi konsistensinya masih naik turun. kadang satu buku belum abis dibaca uda baca buku lainnya..

salam kembali mbak erna, terimakasih

belajar desain grafis pasti seru ya mas terutama bagi orang-orang yang hobinya di bidang seni

di gramedia kota saya ada ko yg bahasa indonesia, 99000 mas harganya.. tapi kalo saya beli second dari tokopedia lumayan sih jatohnya lebih murah wkwkwk =))
blog itu lupa password mas, sayang banget padahal alexa nya udah ramping :(

sama mba, satu buku belum selesai dibaca udah lanjut ke buku yg lain.. tapi pasti bakal kebaca semua :D

kalo saya sih jujur mbak suka membaca iyaa tapi bukan buku asli melainkan lebih suka buku elektronik karena praktis dan kebanyakannya gratis contoh nya artikel mbak ini :D

hehe maksud saya kalo buku sejarahnya diary, kan ada kisah sejarah percintaan.. bagusnya dibakar aja tuh soalnya kalo dibaca susah move on :)
saya juga suka baca buku sejarah mas, terutama sejarah masuknya Islam ke Indonesia

Wah, sama seperti saya, Mbak. Kadang di buku ada beberapa kata yang belum pernah saya jumpai sebelumnya, saya lewatkan saja. Yang penting selesai. Tapi biasanya setelah itu saya googling kata yang tadi untuk mencari tahu apa artinya. :D

Boleh OOT asal jangan ninggalin link hidup ya. Terimakasih kunjungannya :)
EmoticonEmoticon