Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat


Jika rutinitas sehari-hari membuat kita kehilangan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, kita tidak perlu menyalahkan diri sendiri karena kita sibuk bukan atas kemauan kita. Tapi karena tuntutan pekerjaan memang sudah begini adanya, kita mendapatkan hasil yang lebih dari cukup, akan tetapi libur dan istirahat seolah tidak pernah cukup. Let's be smart, selesaikan pekerjaan segera, hindari lembur agar bisa segera pulang.

Siapkan Diri Anda Untuk Berhenti

Saya pribadi bukan tipikal orang yang suka lembur, karena saya pikir itu tidak efektif. Bagadang sepanjang malam hanya akan merusak jam biologis tubuh dengan ditandai gejala kelelahan, gampang sakit, dan emosi labil. Misalkan Anda bekerja sampai jam 17.30, namun Anda membiarkan diri Anda bekerja sampai jam 20.00. Memang tidak ada salahnya bekerja melebihi 8 jam per hari sesekali, akan tetapi lama-lama tubuh Anda bisa ngedrop kalau terus-terusan diforsir. Menyetel alarm satu jam sebelum waktu pulang dapat membantu Anda menyiapkan diri dengan membereskan segala hal, selain membantu Anda tetap berkomitmen pulang tepat waktu, menetapkan titik berhenti untuk diri sendiri dapat membuat Anda termotivasi, fokus, dan produktif sepanjang waktu.

Jauhkan Ponsel Anda

Smartphone bagaikan pisau bermata dua, kalau kita tahu cara menggunakannya maka dapat meningkatkan produktifias, namun jika disalah gunakan malah membunuh produktifitas. Menyimpannya di dalam laci atau di tempat lain yang jauh dari jangkauan Anda selama bekerja membuat Anda merasa perlu berupaya untuk memeriksa ponsel setiap kali mendapat pemberitahuan atau SMS, sehingga Anda mulai terbiasa mengabaikannya. Jika pekerjaan Anda melibatkan ponsel, atur nada dering khusus untuk atasan, rekan kerja, dan klien. Tentunya Anda tidak perlu menjawab panggilan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, bukan?

Luangkan Waktu Untuk 'Mengeluarkan' Pekerjaan dari Kepala

Di beberapa perusahaan ada peraturan tidak boleh membahas pekerjaan saat jam makan siang. Menurut saya itu peraturan yang bagus, karena kalau Anda sibuk sepanjang hari, Anda tentu membutuhkan jeda dimana Anda dapat mengistirahatkan pikiran. Dengan sedikit peregangan, berjalan-jalan di sekitar kantor atau menjauh sementara dari meja kerja, dapat membantu Anda kembali bekerja lagi dengan energi baru dan perspektif yang segar. Memberi kesempatan untuk bersantai membuat Anda dapat melakukan lebih banyak hal, kembali fokus, menghindari kesalahan konyol dan frustasi. 

Posting Komentar

0 Komentar