Menyelesaikan Pekerjaan Lebih Cepat

Jika rutinitas sehari-hari membuat kita kehilangan waktu untuk berkumpul dengan keluarga, kita tidak perlu menyalahkan diri sendiri karena kita sibuk bukan atas kemauan kita. Tapi karena tuntutan pekerjaan memang sudah begini adanya, kita mendapatkan hasil yang lebih dari cukup, akan tetapi libur dan istirahat seolah tidak pernah cukup. Let's be smart, selesaikan pekerjaan segera, hindari lembur agar bisa segera pulang.

Siapkan Diri Anda Untuk Berhenti

Saya pribadi bukan tipikal orang yang suka lembur, karena saya pikir itu tidak efektif. Bagadang sepanjang malam hanya akan merusak jam biologis tubuh dengan ditandai gejala kelelahan, gampang sakit, dan emosi labil. Misalkan Anda bekerja sampai jam 17.30, namun Anda membiarkan diri Anda bekerja sampai jam 20.00. Memang tidak ada salahnya bekerja melebihi 8 jam per hari sesekali, akan tetapi lama-lama tubuh Anda bisa ngedrop kalau terus-terusan diforsir. Menyetel alarm satu jam sebelum waktu pulang dapat membantu Anda menyiapkan diri dengan membereskan segala hal, selain membantu Anda tetap berkomitmen pulang tepat waktu, menetapkan titik berhenti untuk diri sendiri dapat membuat Anda termotivasi, fokus, dan produktif sepanjang waktu.

Jauhkan Ponsel Anda

Smartphone bagaikan pisau bermata dua, kalau kita tahu cara menggunakannya maka dapat meningkatkan produktifias, namun jika disalah gunakan malah membunuh produktifitas. Menyimpannya di dalam laci atau di tempat lain yang jauh dari jangkauan Anda selama bekerja membuat Anda merasa perlu berupaya untuk memeriksa ponsel setiap kali mendapat pemberitahuan atau SMS, sehingga Anda mulai terbiasa mengabaikannya. Jika pekerjaan Anda melibatkan ponsel, atur nada dering khusus untuk atasan, rekan kerja, dan klien. Tentunya Anda tidak perlu menjawab panggilan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan, bukan?

Luangkan Waktu Untuk 'Mengeluarkan' Pekerjaan dari Kepala

Di beberapa perusahaan ada peraturan tidak boleh membahas pekerjaan saat jam makan siang. Menurut saya itu peraturan yang bagus, karena kalau Anda sibuk sepanjang hari, Anda tentu membutuhkan jeda dimana Anda dapat mengistirahatkan pikiran. Dengan sedikit peregangan, berjalan-jalan di sekitar kantor atau menjauh sementara dari meja kerja, dapat membantu Anda kembali bekerja lagi dengan energi baru dan perspektif yang segar. Memberi kesempatan untuk bersantai membuat Anda dapat melakukan lebih banyak hal, kembali fokus, menghindari kesalahan konyol dan frustasi. 

27 comments:

  1. sip ..... sy cocok dengan 3 point yg dh disebutkan .....

    Salam Sukses ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bermanfaat, be awesome and stay healty..

      Delete
    2. Semua artikel Mbak Dewi ini sangat bermanfaat jika semua
      Orang menjalankanya dengan baik dan tepat penggunaanya :)

      Delete
    3. terimakasih mas saud, ini cuma tips sederhana yang hanya akan terasa manfaatnya apabila dipraktekan.

      Delete
  2. Point pertama sudah saya lakukan dengan menset jadwal harian di ponsel setiap jam 18.00 itu adalah waktu maksimal saya bekerja, pekerjaan diselesaikan sebisanya dan langsung pulang.

    Artikelnya cocok banget Mba untuk keadaan saya saat ini. Makasih ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama, jangan lupa berkunjung lagi ya..

      Delete
  3. Mantabb... saya sendiri terlalu sering begadang.. dan memang yg saya rasa produktivitas bukan meningkat.. tetapi justru merosot, thanks infonya.. saya coba merubah jam agat efektiv

    ReplyDelete
  4. Membalas ponsel atau SMS di saat jam sibuk kerjaan memang menjengkelkan dan membuat salke alias kesal

    ReplyDelete
    Replies
    1. sepertinya tidak juga mas, tergantung dari pekerjaannya, kalau perkejaan tersebut menyenangkan maka yang mengerjakannya pun akan terasa senang dan penuh semangat.. :)

      Delete
    2. pekerjaan membalas BBM dan SMS di hp aja udah bikin salke pak asep, apalagi kalo pekerjaannya tidak melibatkan hp sama sekali.. hihihi

      Delete
  5. saya malah pengin ada point: jam 2 sudah boleh pulang.

    ReplyDelete
  6. Ke 3 point di atas sangat diperlukan ya mbak, agar pekerjaan dapat selesai dengan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang paling penting jangan dibiasakan menunda-nunda

      Delete
  7. wah tipsnya boleh juga nie teh di coba, soalnya saya termasuk orang yang kadang suka menunda-nunda pekerjaan yang pada akhirnya jadi menumpuk deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya ditumpuk-tumpuk seperti itu malah akan merebut akhir pekan yang seharusnya dipakai berlibur mas..

      Delete
  8. ternyata gambarnya bisa merem melek ya Mbak.

    ReplyDelete
  9. Saya baru bisa menjalankan 1 point diartikel Mbak Dewi ini
    Yaitu saya simpan di tempat yang aman HP Saya agar
    HP Tidak termasuk Pembunuh produktifitas. makasih ya Mbak artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas sama-sama, yang paling penting jangan keseringan ngecek hp di jam kerja :)

      Delete
  10. Replies
    1. udah keseringan refreshing mba, balik lagi kerja jadi males XD

      Delete
  11. Jangan lupa juga, "Matikan Facebook" saat bekerja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tuh facebook-an saat jam kerja malah membuat pekerjaan terbengkalai

      Delete
  12. Saya setuju dengan poin kedua jauhkan ponsel dr kita, maslah besar kita memang kalo dekat" dg ponsel kita menjadi tidak fokus apalgi kalo sambil BBM an atau WA bisa lebih ga fokus

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, lain lagi ceritanya kalo pekerjaan kita melibatkan hp seperti online shop. sekalinya megang hp harus seputar pekerjaan aja yg lain di skip

      Delete

Boleh OOT asal jangan ninggalin link hidup ya. Terimakasih kunjungannya :)

Powered by Blogger.