Follow Us @soratemplates

Tuesday, September 2, 2014

Halo September


Agustus saya kebobolan nyiapin kado ulang tahun untuk tiga teman sekaligus, kalau bisa nawar jangan barengan Agustus semua dong. Tapi untungnya kebobolan itu tidak memberi dampak yang berarti ke perekonomian saya, karena alhamdulilah penjualan di bulan Agustus mencapai 188 pcs dan perusahaan ngasih bonus untuk penjualan 144 box Glow Enhanz. Saya senang bisa membantu meringankan beban keluarga dan punya hp baru :)

September ini saya mulai mempekerjakan seorang pegawai, Ai Wida untuk mengurus web Elsawati.com, mohon maaf ya kalau terkadang komentarnya sedikit kurang nyambung karena dia masih belajar ngeblog hehehe. Tapi walaupun masih pemula dalam hal blogging, saya akui dia tidak gaptek-gaptek amat (sudah lancar mengoperasikan komputer), dan kemampuan dia dalam menulis artikel juga lumayan. Tinggal diarahkan sedikit lah :D


Selama ini saya sudah merasa nyaman dengan sistem pengiriman barang yang dilakukan secara terpisah, saya disini hanya mengerjakan segala hal yang berurusan dengan marketing: menggarap website, promosi di sosial media, melayani pemesanan. Semua barang saya simpan di suatu tempat dalam bentuk saldo, kemudian ketika ada pemesanan, saya kirim orderan berupa email. Selanjutnya saya tinggal menunggu laporan nomor resi. Kelemahan sistem ini, saya tidak bisa mengontrol barang dan hal-hal lain yang berkaitan dengan teknis.

Jadi saya tertantang untuk keluar dari zona nyaman, dengan melakukan pengiriman di tempat sendiri. Pemasaran, pemesanan, dan pengiriman dilakukan di tempat yang sama. Sehingga saya memiliki kendali sepenuhnya atas semua barang saya. Sebelumnya saya sudah memperkirakan bahwa di awal-awal, akan terasa berat oleh biaya operasional seperti bensin (bolak-balik ke kantor JNE), lakban, gunting, lem, dll yang berhubungan dengan packing. Tapi saya yakin apabila bisnis saya terus berkembang, perihal ini bukan kendala yang berarti.

Sekarang saya tidak perlu risih lagi dengan anggapan tetangga yang semula beranggapan pekerjaan saya gak jelas, karena mereka sudah bisa lihat orang-orang ekspedisi sering mengantarkan barang ke rumah saya dalam jumlah besar, dan karyawan yang keluar masuk rumah saya pada jam-jam tertentu. Inilah yang dinamakan usaha mandiri. Keadaan dimana kamu bisa mengontrol segalanya sendiri, tanpa campur tangan dari orang luar. Dengan berdiri sendiri, kamu bisa melihat segala sesuatu dari sudut pandang yang berbeda.

No comments:

Post a Comment

Boleh OOT asal jangan ninggalin link hidup ya. Terimakasih kunjungannya :)