Saturday, September 6, 2014

Cara Bangkit dari Keterpurukan


Satu tahun yang penuh dengan keterpurukan telah saya lewati. Itu semua adalah pelajaran tentang menerima, merelakan, melepaskan, dan membangun. Dari pengalaman saya dalam berbisnis ada 3 faktor penyebab kegagalan, yaitu:

  1. Faktor Internal, penyebab yang berasal dari diri sendiri. Sebelum kegagalan itu terjadi, terlebih dahulu seseorang akan merasa semangatnya berkurang, bahkan minatnya hilang tak berbekas. Kalau kamu berpendapat bahwa bisnis itu tentang bagaimana kita mengatur mood, maaf kamu tidak sepenuhnya benar. 
  2. Faktor External, berasal dari keluarga, teman, atau mitra yang tidak supportif. Tidak mendapat dukungan dari keluarga membuat kita bertanya-tanya apakah yang kita lakukan ini benar, teman yang tidak supportif menghambat perkembangan bisnis kita. Sedangkan mitra yang hanya mementingkan keuntungannya sendiri tanpa mensejahterakan kita, adalah kondisi yang tidak sehat.
  3. Takdir. Skip this point.


Jika kamu merasa sudah mencoba semua usaha tapi masih belum menemukan titik terang, mungkin kamu melupakan hal-hal di bawah ini.

Lupakan Dendam

Kegagalan menyisakan luka batin yang membekas di ingatan, sama seperti bekas jerawat yang susah dihilangkan. Perasaan terluka itulah yang membuat saya terus-menerus membawa serta kebencian kemana pun saya pergi, saya bawa tidur, kebencian itu adalah mimpi buruk. Sampai saya sadar bahwa di dunia ini ada banyak hal yang tidak bisa sesuai dengan apa yang saya inginkan. Berdamai dengan kenyataan adalah langkah awal memaafkan.

Dendam ibarat rantai yang memberatkan langkah, kamu tidak bisa terbang kalau masih ada rantai di kakimu. Lepaskan rantai itu agar kamu bisa terbang. Dan jika kamu mencari cara untuk menghilangkan bekas jerawat, solusinya Pynocare penghilang flek.

Stay Organized

Membuat jadwal kedengarannya sepele, tapi bagi saya ini sangat berpengaruh ke dalam perkembangan bisnis. Orang kehilangan semangat bekerja bukan karena penjualan menurun atau pendapatan menipis, tapi karena ia mulai bingung apa lagi yang harus ia kerjakan sehingga ia merasa semua yang telah ia lakukan tidak ada artinya. Jadwal membantu kamu bekerja lebih efisien, kamu gak perlu kerja gila-gilaan sampai larut malam jika itu hanya menyebabkan kamu gampang sakit. Stay organized = Disiplin.

Terus Bergerak

Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain karena itu hanya akan membuat kamu semakin terpuruk. Kamu harus yakin bahwa apa yang kamu lakukan adalah benar, kecuali kamu merasa ada yang salah, perbaiki. Jangan terlalu banyak berpikir. Kalau sudah yakin, lakukan saja. Percaya diri adalah kuncinya. Nanti setelah kamu berhasil bangkit dari keterpurukan, mungkin kamu akan sadar bahwa galau di sosmed itu menjijikkan =))

28 comments

Selalu ikhtiar ,berdoa dan berharap..
Moga kita termasuk dari golongan orang yg pandai brrsyukur :)

Sekarang ini sosmed sering di jadikan tempat pelampiasan ya kak.. :)

haha sosmed itu menjijikan , setuju mba

lupakan dendam kalo bagi saya itu sangat sulit

yupz. lupakan denda itu kata orang dulu adalah faktor pertama untuk bangkit dari keterpurukan yang sering membelenggu anak adam

Dalam kondisi terpuruk atau mengalami kegagalan memang membuat kondisi psikologis agak terganggu. Namun perlu juga upaya bangkit dari keterpurukan itu ya mbak? Terima kasih artikel motivasinya, mbak Elsa....

bangkit dan tetap semnagat ..... :)

Salam Sukses Mulia ....

tetap positif thinking dan tidak mudah putus asa juga ya Mbak.. Thanks tipsnya..

motivasi
Karena saat jatuh dan berada dibawah bukan akhir dari segalanya. karena banyak jalan untuk menuju kesana, ada yang instant, ada yang lambat abnget baru berhasil, dan ada juga yang jatuh bangun baru merasakan keberhasilan.
inilah kehidupan,harus tertanam selalu motivasi, agar kita dapat merasakan betapa indahnya hidup ini dengan adanya itu semua

faktor internal dan eksternal itu yang terpenting, setelah itu kemauan dan semagat yang gigh, mudah-mudahan Terwujud deh,..:D

Harus selalu berdoa dan tetap semangat...

ditunggu ya kunjunganya diblog saya

Yakinkan diri kemudian bangkit ,terus berusaha jangan lupa bersyukur......

pas kesini, pas banget,,,, duh saya lagi terpuruk banget,,, kemarin 3 pacar saya minta putus heheh :D terus ditambah lagi saya sekarang jadi pengangguran dan belum dapet kerjaan... saya deprsei berat frustasi dan bahkan sampai nangis2,, dan saya berfikti baha ternyat itu percuma aja/......

amin. sesungguhnya jika kita menyibukkan diri untuk menikmati apa yang ada, mau galau pun tidak sempat :)
menikmati hidup = bersyukur

iya mbak takut ketularan nih saya :D

yang menjijikkan itu galaunya mas :D
udah kayak tong sampah aja nih beranda =))

asal jangan sulit move on setelah putus mba

betul mas, kalo masih menyimpan dendam sama aja kita menghambat diri sendiri untuk maju.

orang-orang yang mengalami kegagalan mengalami gangguan psikis, sama seperti saya dulu. akan tetapi kalau ada kemauan untuk bangkit kegagalan bisa jadi pelajaran yang berarti :)

mantap
terimakasih mbak devy sudah menambahkan
saya yakin motivasi ini sangat berguna bagi siapa pun yang perlu mengisi ulang semangatnya

harus semangat, percaya diri, dan dukungan dari keluarga membuat usaha lancar :)

salah sendiri mas pacarnya kebanyakan XD
menangis diperbolehkan, tapi jangan meratapi keadaan terus karena keadaan tidak akan berubah kalau bukan kita sendiri yang merubahnya :)

setuju dengan lupakan dendam walau agak susah juga si kadang2 :)

Iya mbak.. galau di sosmed itu menjijikkan..

Boleh OOT asal jangan ninggalin link hidup ya. Terimakasih kunjungannya :)
EmoticonEmoticon