Tuesday, July 29, 2014

Selamat Idul Fitri 1435 H


Setelah sebulan berpuasa, akhirnya kita dapat merayakan hari penuh kemenangan. Di tempat saya Idul Fitri jatuh pada Senin (28/07) kemarin. Ada yang senang dan bahagia, ada pula yang bersedih hati. Ada yang dapat pahala, ada pula yang dapat lapar dan hausnya saja.

Sesungguhnya bulan puasa penuh dengan peperangan, yaitu perang melawan hawa nafsu. Apabila kita berhasil mengendalikan hawa nafsu, berarti kita telah merdeka. Akan tetapi jika masih diperdaya oleh hawa nafsu, maka kita masih terjajah.. Karena setelah satu bulan itu, tidak ada perubahan yang nampak pada diri kita.

Mereka yang menghabiskan waktu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat, lalai, sedikit ibadah, dan maksiat, adalah mereka yang bahagia karena nfasu mereka dimanja. Mereka bersenang-senang dengan membakar uang dan membuat ledakan. Namun, mereka bersedih hati karena ditinggalkan bulan yang penuh berkah. Takut hawa nafsunya menguasai mereka lagi nanti.

Semoga Anda termasuk orang yang menang dalam mengendalikan hawa nafsu. Amin.

Wednesday, July 23, 2014

Fenomena Bukber


Kurang lengkap rasanya kalau di bulan puasa tidak ada acara buka bersama. Selain memberikan pengalaman baru dalam kuliner, buka bersama atau sebutannya bukber ini dapat mempererat silaturahmi. Biasanya saya selalu menjadi peserta yang tahu-tahu beres atau tinggal datang ke TKP langsung makan (terus kabur), tapi kesini-kesini dapet kesempatan jadi panitia penyelenggara. 

Menentukan tempat dan ketersediaan waktu memang sedikit membingungkan. Apalagi di bulan puasa rumah-rumah makan jadi mendadak penuh, harus selalu booking tempat dahulu sebelum bisa makan bareng di TKP.. Tapi kalau komunikasi lancar, berkat facebook dan BBM (meski sebagian masih pake hp jadul), alhamdulilah acara bukber berjalan lancar dan peserta hadir semua.

Oya, ngomong-ngomong saya sedikit malu karena sudah repot ngurusin baju lebaran dari awal-awal.. Batik sarimbit yang saya beli dari mbak Vina kemarin itu kan buat orang tua, saya sendiri belum punya baju baru karena terlalu banyak mikir.. Ujung-ujungnya duit habis karena kebanyakan bukber di luar hahahaha.

Punya baju baru atau nggak, kayaknya gak wajib deh. Saya bukan anak kecil lagi :)

Yang penting saya bahagia dengan hidup saya yang sekarang. Karena saya sudah menemukan lingkungan sosial yang suportif. Apabila saat ini kamu merasa teman-temanmu kurang suportif, tidak memberikan kontribusi apa-apa ke dalam perkembangan studi dan karir, itu bukan salahmu atau salah mereka. Melainkan itu adalah tanda kamu harus mulai mencoba bersosialisasi dengan orang-orang baru. Dunia itu luas. Saya belum pernah mengira akan diterima di lingkungan yang sekarang.

Saturday, July 5, 2014

Sudahkah Anda Beli Baju Lebaran?


Rasanya terlalu cepat kalau membahas baju lebaran di minggu pertama bulan puasa, apa mungkin perasaan saya aja? Saya terbiasa beli baju lebaran di minggu-minggu terakhir mendekati hari H, tapi belajar dari pengalaman, kayaknya males banget deh berdesak-desakkan dengan kebanyakan orang yang berpikiran sama: membeli baju lebaran pas mendekati hari H. Makanya saya berniat menyiapkan baju lebaran dari sekarang, mumpung masih ada duit.

Tapi sayangnya belum ada ide mau baju yang seperti apa. Soalnya kalau stelan hijab kombinasi maxi dress dan blazer udah terlalu mainstream, koleksi blazer saya udah ada 3 dan itu pun jarang dipake karena bingung mesti dipadu-padankan sama apa (payah nih). Apalagi untuk yang bertubuh kurus seperti saya, nggak semua baju ukuran S bisa langsung muat. Padahal kebanyakan style hijab itu identik dengan baju yang longgar-longgar ya, dan inilah yang menjadi kendala saya dalam berhijab. Saya takut tidak terlihat menarik lagi, karena saya belum bisa memadu-padankan pakaian yang longgar-longgar. Mungkin sahabat blogger ada yang bisa memberi masukan?

Beli baju lebaran itu sebenarnya gak wajib. Karena yang terpenting adalah hati dan jiwa yang baru, percuma pakai baju baru kalau kita masih belum bisa memaafkan. Berhubung di hari raya Idul Fitri ada pertemuan keluarga besar dan semua orang pakai baju baru, mau tidak mau saya juga mesti pakai baju baru hahaha. Ngomong-ngomong, saya baru beli batik sarimbit dari mbak Vina, sepasang buat orang tua. Bagi teman-teman yang lagi cari batik couple buat lebaran atau buat acara-acara resmi lainnya, invite aja pinnya mbak Vina 24e933d1. Jangan harap bisa kenalan, karena bbm itu dipegang sama karyawannya.

Ini contoh batik couple yang dijual mbak Vina. Saya beli sepasang yang warna hijau, karena itu warna kesukaan bapak saya.